BUDAYA TIMOR TENGAH SELATAN

budaya-timur-tengah-selatan.jpg Timor Tengah Selatan dikenal dengan penghasil cendana itu mempunayi luas 4333,6 km2 
Cuaca umum wilayah TTS 4 bulan basah (Desember-April), 8 kering (April-November). Suhu udara dimusim dingin berkisar 18-21o C. 

Pembagian penggunaan tanah wilayah TTS 2.500 ha. Terdiri dari atas persawahan , 44.908 ha. Pengembalaan, 41.374 ha. Lamtoro dan 180.000 ha. Tanah kritis.
Wilayah kabupaten TTS berbatasan dengan Kabupaten Timor Tengan Utara sebelah utara dan Ambenu (Timor Leste) sebelah selatan dengan laut Indonesia, timur dengan Kabupaten Belu. 

Penduduk asli TTS merupakan suku bangsa dawan. Dalam mmasyarakat Dawan umumnya pemukiman mulai dari pola keluarga inti/batih yang terdiri dari bapak, ibu, dan anakyang disebut UME. Ume yang ada bakal membentuk klen kecil yang disebut Pulunes atau Kuanes dan ada klen besar Kanaf.

Ume sebagai keluarga inti tinggal di rumah pemukiman tradisional yaitu Lopo dan Ume. Lopo adalah lambang rumah untuk pria dan Ume untuk perempuan. Umumnya mata pencaharian masyarakat TTS adalah pertanian dan peternakan, seperti menanam jagung, umbi-umbian, kacang-kacangan dan sedikit pertanian padi. Peternakan sapi, babi, dan kambing.

 

 

 

 

 

SOCIAL NETWORK

SELECT LANGUAGE
RAGAM
STATISTIK WEB
Pengunjung Hari ini : 123
Pengunjung Kemarin : 423
Total Pengunjung : 377842
Silakan Klik disini untuk melihat statistik lengkap
© 2008 - 2014 SETYANOVANTO.INFO
Hak Cipta di Lindungi Undang - Undang. Design & Idea by BA Public Relation
Credits & Disclaimer